Rabu, 10 Oktober 2012

Internet addiction post ke3


Internet Addiction
Salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini adalah internet. Internet digunakan sebagai media bagi siapapun, kapanpun dan dimanapun untuk memperoleh atau mengakses informasi apapun dengan mudah dan cepat.
Salah satu permasalahan dari penggunaan internet yang menjadi sorotan para ahli psikologi adalah mengenai internet addiction (kecanduan internet). Sebagai sebuah topik kajian yang relatif baru, istilah internet addiction memperoleh tanggapan yang serius serius dari kalangan akademik.

Internet Addiction, atau dikenal sebagai kecanduan komputer, kecanduan online, atau internet gangguan kecanduan (IAD), meliputi berbagai kontrol impuls-masalah, termasuk: 
·       Cybersex Ketergantungan - kompulsif penggunaan pornografi internet, chat room dewasa, atau dewasa fantasi permainan peran situs yang berdampak negatif pada kehidupan nyata hubungan intim.
·       Cyber-Hubungan Ketergantungan - kecanduan jejaring sosial, chat room, dan pesan ke titik di mana maya, teman online menjadi lebih penting daripada kehidupan nyata hubungan dengan keluarga dan teman.
·       Dorongan Bersih - seperti game online kompulsif, perjudian, perdagangan saham, atau penggunaan kompulsif situs lelang online seperti eBay, sering menghasilkan masalah keuangan dan pekerjaan terkait. 
·          Informasi Overload - web kompulsif berselancar atau database pencarian, yang menyebabkan produktivitas kerja rendah dan kurang interaksi sosial dengan keluarga dan teman.
·       Komputer Kecanduan - bermain obsesif off-line game komputer, seperti Solitaire atau Minesweeper, atau pemrograman komputer obsesif.

Anda beresiko lebih besar kecanduan internet jika, menderita kecemasan, mengalami depresi, tidak memiliki dukungan sosial, seseorang remaja yang tidak bahagia, dan sedang menderita stress.
Seharusnya kita jangan terlalu kecanduan terhadap internet, akibatnya akan tidak baik dan ada juga yang berakibat fatal, untuk itu dari sekarang biasa-biasalah menggunakan teknologi internet.
Kecanduan internet mempunyai gejala serupa dengan kecanduan obat-obatan. Beberapa ahli kejiwaan  menyebut keadaan itu sebagai Internet Addiction Disorder or Problematic Internet Use (Gangguan kecanduan internet atau penggunaan internet yang problematik).
Gejala yang sering kali kita kenali atau yang kita jumpai adalah :
Ø Sering lupa waktu saat mengaskes internet terlalu lama.
Ø Gejala menarik diri seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses
Ø Munculnya sebuah kebutuhan konstan untuk meningkatkan waktu yang dihabiskan.
Ø Kebutuhan akan peralatan komputer yang lebih baik dan aplikasi yang lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat kepuasan.
Ø Sering berkomentar, berbohong, rendahnya prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak negatif dari penggunaan Internet yang berkepanjangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar