Minggu, 08 Januari 2012

Makna bersembahyang agama hindu


 Dari keenam unsur iman di dalam Agama Hindu menurut kitab Atharwa Weda itu, dua ajaran terakhir termasuk ajaran sembahyang Sembahyang terdiri atas dua kata, yaitu:
(1) Sembah yang berarti sujud atau sungkem yang dilakukan dengancara-cara tertentu dengan tujuan untuk menyampaikan penghormatan, perasaan hati atau pikiran baik denganucapan kata-kata maupun tanpa ucapan, misalnya hanya sikap pikiran.
(2) Hyang berarti yang dihormati ataudimuliakan sebagai obyek dalam pemujaan, yaitu Tuhan Yang Maha Esa

.Di dalam bahasa sehari-hari kata sembahyang kadang-kadang disebut “muspa” atau “mebhakti” atau“maturan”.Disebut “muspa” karena dalam persembahyangan itu lazim juga dilakukan dengan persembahankembang (puspa).Disebut “mebhakti” karena inti dari persembahan itu adalah penyerahan diri setulus hati tanpa pamrih kepada Hyang Widhi. Demikian pula kata “maturan” yang artinya mempersembahkan apa saja yangmerupakan hasil karya sesuai dengan kemampuan dengn perasaan yang tulus ikhlas, seperti bunga, buah-buahan,jajanan, minuman dan lain-lain).

1
Manfaat Bersembahyang :
Salah satu manfaat sembahyang adalah untuk memelihara kesehatan. Selain pikiran menjadi jernih, sikap-sikap sembahyang seperti (padmasana, siddhasana, sukhasana,dan bajrasana) membuat otot dan pernafasan menjadi bagus. Selain untuk kesehatan, bersembahyang dan berdoa juga mendidik kita untuk memiliki sifat ikhlas karena apayang ada di dalam diri dan di luar diri kita tidak ada yang kekal, cepat lambat akan kita tinggalkan atau berpisah dengan diri kita. Keikhlasan inilah yang dapat meringankan rasa penderitaan yang kita alami karena kita telahpaham benar akan kehendak Hyang Widhi. Bersembahyang juga dapat menentramkan jiwa karena adanya keyakinan bahwa Tuhan selalu akan melindungi  umatNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar